HAKIKAT KEHIDUPAN DUNIA #2

HomeTematik

HAKIKAT KEHIDUPAN DUNIA #2

HAKIKAT KEHIDUPAN DUNIA #2 Allah subhanahu wa ta'ala berfirman: ٱعۡلَمُوٓاْ أَنَّمَا ٱلۡحَيَوٰةُ ٱلدُّنۡيَا لَعِبٞ وَلَهۡوٞ وَزِينَةٞ وَتَفَاخُر

Bahaya Hasad
BUDAYA KAUM SALAF DALAM MENJAGA ILMU
MERAIH DERAJAT YANG TINGGI DENGAN ILMU

HAKIKAT KEHIDUPAN DUNIA #2

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

ٱعۡلَمُوٓاْ أَنَّمَا ٱلۡحَيَوٰةُ ٱلدُّنۡيَا لَعِبٞ وَلَهۡوٞ وَزِينَةٞ وَتَفَاخُرُۢ بَيۡنَكُمۡ وَتَكَاثُرٞ فِي ٱلۡأَمۡوَٰلِ وَٱلۡأَوۡلَٰدِۖ كَمَثَلِ غَيۡثٍ أَعۡجَبَ ٱلۡكُفَّارَ نَبَاتُهُۥ ثُمَّ يَهِيجُ فَتَرَىٰهُ مُصۡفَرّٗا ثُمَّ يَكُونُ حُطَٰمٗاۖ وَفِي ٱلۡأٓخِرَةِ عَذَابٞ شَدِيدٞ وَمَغۡفِرَةٞ مِّنَ ٱللَّهِ وَرِضۡوَٰنٞۚ وَمَا ٱلۡحَيَوٰةُ ٱلدُّنۡيَآ إِلَّا مَتَٰعُ ٱلۡغُرُورِ

Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu”. (QS. Al-Hadid: 20)
▬▬▬▬

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman (yang artinya):

Seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur”.

Maksudnya perumpamaan dunia itu seperti tanaman yang disiram hujan yang mengagumkan para petani, tanaman adalah perumanaan untuk dunia adapun petani adalah perumpamaan untuk ahli dunia. Ternyata tanaman yang indah itu pada akhirnya akan hancur pula, maka pantaskah kita berlomba-lomba untuk mengumpulkannya, orang yang cerdas adalah orang yang menjadikan harta dunia sebagai simpanan berharga yang ia petik nanti di akhirat.

Bersambung

Faidah dari Al-Ustadz,
🔳 BENI SARBENI, Lc, M.Pd.
Hafidzhahullah