MERAIH RIDHA ALLAH DENGAN MENUNTUT ILMU

HomeTematik

MERAIH RIDHA ALLAH DENGAN MENUNTUT ILMU

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman: وَٱلَّذِينَ جَٰهَدُواْ فِينَا لَنَهۡدِيَنَّهُمۡ سُبُلَنَاۚ وَإِنَّ ٱللَّهَ لَمَعَ ٱلۡمُحۡسِنِينَ “Dan orang

KEUTAMAAN ILMU SYAR’I
BUDAYA KAUM SALAF DALAM MENJAGA ILMU
TERHALANG DARI ILMU KARENA UJUB & TAKABBUR

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَٱلَّذِينَ جَٰهَدُواْ فِينَا لَنَهۡدِيَنَّهُمۡ سُبُلَنَاۚ وَإِنَّ ٱللَّهَ لَمَعَ ٱلۡمُحۡسِنِينَ

“Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik”. (Al-Ankabut: 69).
▬▬▬

Diantara jihad yang paling utama dalam mencari ridha Allah adalah menuntut ilmu agama. Orang yang sungguh-sungguh menempuh jalan ilmu, maka Allah subhanahu wa ta’ala akan memberikan untuknya ilmu tersebut, dan Allah subhanahu wa ta’ala tidak pernah menyelisihi janji-Nya.

Maka hendaklah para penuntut ilmu untuk bersungguh-sungguh dalam belajar, seraya menghargai waktu yang ia miliki, karena waktu adalah di antara perkara yang akan diminta pertanggung jawabannya di hadapan Allah subhanahu wa ta’ala kelak.

Penuntut ilmu juga hendaknya membuat skala priortitas dalam belajarnya, diantara perkara yang wajib diutamakan adalah ilmu yang disertai dengan amal.

Faidah dari Al-Ustadz,
🔳 BENI SARBENI, Lc, M.Pd.
Hafidzhahullah