JANGAN SEPELEKAN DOSA KECIL

HomeTematik

JANGAN SEPELEKAN DOSA KECIL

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: إِيَّاكُمْ وَمُحَقَّرَاتِ الذُّنُوبِ: فَإِنَّهُنَّ يَجْتَمِعْنَ عَلَى الرَّجُلِ حَتَّى يُهْلِكْن

HAKIKAT KEHIDUPAN DUNIA #1
USAHA & PENGORBANAN DALAM MERAIH ILMU
MINTALAH TAMBAHAN ILMU!

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِيَّاكُمْ وَمُحَقَّرَاتِ الذُّنُوبِ: فَإِنَّهُنَّ يَجْتَمِعْنَ عَلَى الرَّجُلِ حَتَّى يُهْلِكْنَهُ

“Hindarilah oleh kalian dosa-dosa kecil, karena dosa-dosa tersebut berkumpul pada seseorang lalu menghancurkannya”. (HR. Ahmad, Hasan)
▬▬▬

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan perumpamaan dosa-dosa kecil yang jika dilakukan terus menerus, beliau bersabda:

كَمَثَلِ قَوْمٍ نَزَلُوا أَرْضَ فَلَاةٍ فَحَضَرَ صَنِيعُ الْقَوْمِ، فَجَعَلَ الرَّجُلُ يَنْطَلِقُ فَيَجِيءُ بِالْعُودِ، وَالرَّجُلُ يَجِيءُ بِالْعُودِ، حَتَّى جَمَعُوا سَوَادًا وَأَجَّجُوا نَارًا، وَأَنْضَجُوا مَا قَذَفُوا فِيهَا

“Seperti satu kaum yang singgah di satu tempat terbuka, tibalah tukang masak diantara mereka, lalu ia pergi untuk mengambil ranting, yang lainnya pun demikian sehingga mereka mengumpulkan kayu bakar dalam jumlah banyak, akhirnya mereka menyalakan api dengannya, dan bisa menjadikan apa yang ada di dalamnya matang”. (HR. Ahmad, Hasan)

Dosa kecil itu seperti ranting-ranting kecil, jika dikumpulkan dalam jumlah yang banyak kemudian dinyalakan api dengannya maka akan menjadi api yang besar dan bisa mematangkan apapun yang ada di dalamnya.

Faidah dari Al-Ustadz,
BENI SARBENI, Lc, M.Pd.
Hafidzhahullah