Muraja’ah : Ramadhan (bag.16)

HomeMuraja'ah

Muraja’ah : Ramadhan (bag.16)

KESIMPULAN BELAJAR ISLAM Materi Tematik Ramadhan (bag.16) Pemateri: Ustadz Beni Sarbeni, Lc Durasi Audio 00:13:50 Penamaan Zakat Fithri itu l

Muraja’ah : Ramadhan (bag.11)
Muraja’ah : Ramadhan (bag.9)
Muraja’ah : Ramadhan (bag.12)

KESIMPULAN BELAJAR ISLAM
Materi Tematik
Ramadhan (bag.16)
Pemateri: Ustadz Beni Sarbeni, Lc
Durasi Audio 00:13:50


  1. Penamaan Zakat Fithri itu lebih tepat

  2. Dinamakan zakat fithri (berbuka) berkaitan dengan selesainya Bulan Ramadhan

  3. Zakat Fithri hukumnya wajib

  4. Syarat diwajibkannya zakat fithri: (1) Islam, (2) Terbenamnya matahari di hari terakhir Bulan Ramadhan, (3) Adanya kelebihan harta dari kebutuhan pokok bagi dirinya dan bagi orang yang dinafkahinya di malam dan siang hari Idul Fithri.

  5. Mensucikan orang yang berpuasa dari hal-hal burukyang terjadi  ketika berpuasa

  6. Mencukupi kebutuhan fakir miskin pada hari raya sehingga mereka tidak perlu meminta-minta pada hari raya.

  7. Menunaikan Zakat Fithri merupakan ungkapan rasa syukur atas nikmat Allah subhanahu wa ta’ala yang diberikan kepada hambaNya dengan sempurnanya ibadah di Bulan Ramadhan.

  8. Wajib dikeluarkan untuk zakat fithri sebesar 1 sha (2,5 – 3 kg) dari makanan pokok masing-masing daerah. (Gandum, kurma, keju, beras, jagung dsb)

  9. Tidak diperbolehkan mengeluarkan zakat dengan uang atau yang lainnya, yang setara nilainya dengan nilai makanan yang dikeluarkan untuk ditunaikan.

  10. Waktu menunaikan Zakat Fithri ada dua waktu: (1) Waktu yang utama adalah ketika terbit fajar sampai sebelum dilaksanakan shalat Idul Fithri, (2) Waktu dibolehkan (selainnya dilarang) adalah satu atau dua hari sebelum hari Raya Idul Fithri

Ditulis oleh,
Team Admin BIS

Catatan: Sangat dianjurkan kepada peserta Belajar Islam untuk mengulang-ulang materi audio yang telah disampaikan agar dapat memahami permasalahan beserta dalil-dalilnya dan untuk menambah keyakinan kita kepada  Allah Ta’ala dalam mentauhidkan-Nya.