Tentang Belajar Islam

بسم الله الرحمن الرحيم

TENTANG BELAJAR ISLAM

Belajar Islam (BIS) merupakan sebuah program belajar yang bersifat tambahan untuk kaum muslimin dalam rangka membenahi dan memperbaiki diri untuk memenuhi hak-hak Rabb-nya, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta’ala,

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالأِنْسَ إِلاَّ لِيَعْبُدُونِ

“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku”. (adz-Dzariyat [51]: 56).

Program ini dimulai pada bulan Ramadhan 1438 H atau sekitar tahun 2017 – atas karunia dari Allah Ta’ala – Belajar Islam mendapatkan sambutan yang menggembirakan dari kaum muslimin baik yang tinggal di Indonesia maupun di luar negeri, bahkan ada beberapa peserta non muslim yang tertarik mendaftarkan dirinya untuk belajar.

Program Belajar Islam ini dibina langsung oleh Ustadz Beni Sarbeni, Lc, beliau merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Sabilunnajah – Bandung. Beliau juga bertindak sebagai pemateri Grup Belajar Islam ini

Program belajar ini menggunakan aplikasi whatsApp sebagai media distribusi materi dan komunikasi dengan peserta.

Selain itu peserta akan memiliki akun di https://bis.belajar-islam.net/logina yang akan memudahkan untuk mengulang-ulang pelajaran juga melatih pemahaman dengan mengerjakan latihan-latihan soal yang diberikan, baik pekanan dan ujian akhir semester.

Dalam proses belajar peserta tidak dipungut biaya apapun (gratis), peserta hanya dipersyaratkan memiliki handphone yang mendukung aplikasi whatsApp dan memiliki kuota data yang cukup untuk mengakses internet serta kesungguhan dalam mengikuti proses belajar.

Materi yang disampaikan berupa file audio durasi 5 s/d 10 menit mencakup masalah Keutamaan Menuntut Ilmu AgamaManhaj & Aqidah (cara beragama yang benar & keyakinan), Tiga Landasan Utama (mengenal Allah Rabbul ‘alamin, mengenal Islam dan mengenal Nabi Muhamad Shallallahu ‘alaihi wa sallam) Fiqih (tata cara beribadah) dan Tazkiyatun Nufus (pensucian jiwa).

Materi yang disampaikan fokus pada masalah-masalah beserta dalil-dalinya yang Shahih.

Kitab-kitab referensi yang dipakai dalam belajar adalah Syarhus Sunnah karya Imam al-Barbahari, Tsalatsatul Ushul karya Syaikh Muhammad at-Tamimi, Fiqih Muyassar karya Kompilasi Ulama, ad-Daa’ wa ad-Dawaa’ karya Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyyah dan Tazkiyatun Nufus karya Syaikh Ibrahim ar-Ruhaili.

Semoga apa yang kami usahakan bermanfaat bagi kaum muslimin dan diri kami, khususnya pada hari tidak bermanfaat harta dan jabatan kecuali amal yang shalih yang telah kita kerjakan di dunia ini.